3.7.10

PPDB 2010?

Hallo, gue anak kelas 9 smpn 216 Jakarta, yang akan mau ke sma tentunya. Tau dong minggu ini tuh lagi ada pendaftaran online, atau ppdb.  
Sistem ppdb tuh gini, kita dateng ke sma manapun, pilih 5 sekolah, terus dari pihak sma yanng kita datengin itu akan ngeinput data kita secara online. Nah ada 3 hari buat pendaftaran, gue daftar hari pertama di sma 77. Awalnya sih lancar2 aja, sampe akhirnya pas mau ngambil kartu online/print out/no. urut itu tuh mulai kacau. Katanya server pusat diknasnya yang buat sistem online itu rusak. Dari jam 9 gue nunggu print out itu, eh tapi gak keluar2. terus disuruh balik lagi sama pihak sma 77 jam 1 siang, eh belom bisa2 juga tuh, disuruhlah gue balik lagi besok pagi.
Alhamdulilah sih pas pagi itu gue udah dapet print outnya. Tapi makin kesini ke hari 2 sampai 3 makin gak bener aja tuh website. Gak bisa dibukalah, datanya kosong walopun cepet, atau nama beberapa temen gue ada yang belom kecantum, atau yang lebih parah lagi ada yang belom dapet print out. 
Deg-degan gak sih jadi anak kelas 9 yang kayak gini? 
Apalagi pas semua passing gradenya mau gak mau jadi naik. Kenapa? 
Gini, dari awal menurut gue emang udah kacau, tiba-tiba angkatan kelas 9 yang sekarang diadain sistem baru namanya RSBI, jadi setelah uan itu ada tes lagi yang namanya tes rsbi. Kenapa ada tes lagi?denger2 sih ada beberapa pihak yang gak percaya sama hasil uan, soalnya emang uan itu kan banyak kebocoran. Jadilah di adain yang namanya tes rsbi, dan tau gak? tesnya itu mendadak (ngerugiin lagi)! dikasih taunya pas udah selesai uan, bukan dari awal masuk kelas 9. dan di tes rsbi itu ada pelajaran ips, sedangkan pas uan anak kelas 9 udah di bimbing ke pelajaran yang cuma diuanin, ipa mat eng ind. Jadi ips gak ada dong?dan pastinya ga siap. Terus pas udah tes rsbi nih, tesnya tuh gila 100% beda sama tes uan. sedangkan gue udah belajar lagi dan ngulang2 soal uan. gataunya itu beda banget soal rsbinya. Nah tau gak?ada 10 sekolah yang rsbi (fyi, 10 sekolah yang rsbi itu 10 sekolah yang unggul dan pastinya byk dipilih sm siswa siswi Jakarta) dan bangku untuk rsbi tuh 80%, cuma 20% lagi sisanya untuk pendaftaran online. Gila gak?buangeeeeeed. pikir deh, gue udah belajar mati2an buat uan tapi hasil uan itu cuma dipake 20%. Dan tes rsbi yang mendadak itu dipake untuk 80%. sia-sia gak sih selama ini ketar-ketir uan? 
Terus tadi gue bilang kan passing gradenya jadi naik, kenapa? nih ada 10 sekolah unggul yang jadi rsbi kan, bangkunya udh tinggal 20% utk online, karena 80% udah diambil rsbi, terus mau gak mau bangkunya makin sedikit kan?nah untuk ngedapetin bangku 20% itu harus punya nem yang sangat teramat tinggi, karena bangkunya aja udah sedikit, jadi mau gak mau nem yang kecil tuh kegeser, padahal kalo gak ada rsbi, nem segitu tuh bisa masuk ke sma itu sebenernya. Nah sekarang rata2 terendah di semua sma negeri tuh jadi naik.
Gini gue kasih contoh, gue punya nem 35.95 untuk tahun kemaren nem gue tuh segitu keterima di sma 81, tapi tahun gue sekarang nem itu sama sekali gak masuk, langsung kedepak mentah-mentah. Gue pilih 81 68 26 61 71, nah di 81 gue kan udah kedepak, mentah2 tuh yang seharusnya bisa masuk, terus di 68 yang ga habis pikir gue kedepak juga, ya pikir aja thn lalu nem segitu di sma 81 keterima apalagi di 68 kan ya? gila ga sih perbedaan dari tahun kemaren?ngerugiin banget kan untuk anak-anak yang pendaftaran online? miris tau gak. dan sekarang gue di 26 antara aman gak aman. Jadi semua sma tuh rata2 terendahnya jadi naik otomatis, gara2 yaaa sistem yang ini itu deh. Yang ngecewain kenapa servernya musti rusak, terus jadi diperpanjang sampe hari senin tanggal 5 Juli (denger2 gitu), yang seharusnya tgl 3 tuh udah final. Berarti kemungkinan gue untuk kegeser lagi/kedepak dr sma ke sma masih ada dong?Begitu juga anak kelas 9 yang lain. Belom tenang dong pasti?iyalah!!! 
Buat pemerintah, diknas tentunya. Mungkin emang lo semua udah pikirin mateng-mateng untuk sistem baru ini, tapi lo juga harus tau kalo sistem baru tuh pasti ada aja masalahnya,/halangan dan lo juga harus tau gimana caranya untuk perbaiki dan perbaikannya itu gak merugikan sama sekali cth: gak diperpanjang, gak bikin resah. Bikin resahnya itu ya yang sekarang kelas 9 alamin, gak dapet print tout, namanya belom kecantum, website error terus, dan satu lagi nem yang seharusnya bisa masuk ke satu sekolah yang bagus, eh ini malah kelempar cuma2, krn kesempatan bangku online cuma 20% dan yang sangat merugikan, ada sistem rsbi baru itu yang gak diumumin dari awal kls 9 biar kls 9nya mempersiapkan diri, ini malah baru abis uan dikasih taunya :( .Banyak yang resah, mulai dari orang tua, apalagi anaknya sendiri. Dibilang ngerugiin ya banget pak, bu.
Anak2 jaman sekarang tuh kritis pak, apa2 langsung dikomentarin, apalagi sekarang masalah yang ngerugiin banget pasti langsung dikomentarin abis-abisan. Pokoknya jangan ngerugiin lagi deh ya dimohon, dari mulai sistem rsbi sampai sekarang tuh ngerugiin mulu. Satu lagi, maaf ya pak bu dikometarin abisan kesel juga bu :p
Btw dengerin yahhhh bapak2 dan ibu2 diknas hihihihihihi :p  

No comments:

Post a Comment